Gandrung Klenengan

Semua jenis musik, sebenarnya disukai oleh Kundiyarto. Lagu-lagu kenangan sudah ia dengarkan sejak di bangku sekolah menengah atas.

Waktu itu, Kundi sudah sering mendengarkan lagu-lagunya Koes Plus, Ebiet atau Panbers. Lagu-lagu barat love song, dari Frank Sinatra sampai Andy William.

"Lagu-lagu berirama lembut, melow, atau romantis, membuat hati saya--yang memang sudah melankolis--semakin tenang" katanya menjelaskan.

Akhir-akhir ini, Kundi sedang mencari jenis musik lain dari yang selama ini sering ia dengarkan. Kenangan kegemaran ayahnya dulu saat ia masih kecil, tiba-tiba terbayang. "Dulu, ayah saya (alm) mempunyai koleksi gendhing jawa atau klenengan yang lumayan lengkap. Saya ingat, labelnya Lokananta, dari Solo" katanya.

Kundi mengatakan ayahnya dulu sering mendengarkan klenengan sambil makan kacang rebus dan kopi pahit di sore hari.

Ini yang membuatnya tiba-tiba mencari koleksi klenengan Jawa di Jakarta. Beruntung, ada teman-teman yang mempunya koleksi dalam bentuk MP3.

"Saya mendengarkannya sembari menjalankan pekerjaan saya. Teman-teman di kantor pusing semua. Ha..ha.." imbuhnya menutup pembicaraan. (tim redaksi)

New Page 1